2022-08-22

Kapan Indonesia Bisa Stop Impor BBM?

Daftar isi

Tutup

Jalur perpipaan pinggir pantai

Prediksi Permintaan BBM

Kementerian ESDM memprediksi jumlah produksi dan permintaan BBM baru dapat balance pada tahun 2026 dalam paparan Prognosa Supply Demand BBM 2020-2030. Untuk saat ini memang sebagian permintaan disuplai dari impor karena seperti diketahui pemenuhan BBM lebih besar dari produksinya.

Maka upaya yang dilakukan oleh pemerintah agar seimbang adalah meningkatkan jumlah produksi dan permintaan BBM dalam negeri. Permintaan ini juga sudah dilakukan dengan meningkatkan produksi bahan bakar nabati.

Dirjen Migas Tutuka Ariadji mengatakan pada rapat Komisi VII di DPR "Pada tahun 2020 kita tahu demand lebih besar daripada produksi, diharapkan dengan rencana ini terus meningkat, sehingga pada 2026 diharapkan bisa sama antara demand dan produksi. Kemudian pada 12,8 (juta KL) BBN (bahan bakar nabati) secara konsisten dapat mengurangi impor," tuturnya.

Baca Juga : Berita dan Informasi Harga Minyak Terbaru

Lebih lanjut Tutuka menambahkan bahwa cadangan minyak berdasarkan definisi terbaru saat ini adalah 2,44 miliar barel. Dan perkiraan umur cadangan ini sekitar 9,4 tahun dengan taksiran tidak adanya penemuan cadangan baru.

"Perlu saya sampaikan bahwa cadangan provent kita saat ini 2,44 miliar barel artinya bahwa definisi yang lebih baru dibagi laju alirnya menjadi 9,4 tahun," Tutuka menambahkan.

Sementara itu, untuk cadangan gas berkisar pada 43,6 triliun kaki kubik. Dengan umur cadangannya antara 16-18 tahun. Demikian kami sampaikan berita mengenai kapan Indonesia bisa stop impor BBM? Jangan lupa untuk selalu ingat alvindocs.com merupakan website jual valve, flange dan fitting pipa terbaru terbaik dan terlengkap online dengan harga murah. Order dan buktikan yuk.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
22
.
05
.
24

Heat Exchanger : Definisi, Prinsip Kerja, dan Konfigurasi

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi sebuah sistem adalah bagaimana memindahkan panas dari satu medium ke medium lain tanpa mencampurkan fluida yang terlibat, serta menjaga integritas sistem dan kualitas produk. Lalu, bagaimana heat exchange bekerja? Yuk, simak penjelasan selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
22
.
05
.
24

Aktuator Hidrolik: Solusi Terbaik untuk Kontrol Gerakan dalam Konstruksi, dan Industri Lainnya

Sistem mekanis tradisional atau manual sering kali sulit dalam menghasilkan tenaga dan daya tanggap yang dibutuhkan. Di sinilah peran aktuator dibutuhkan sebagai solusi untuk berbagai tantangan kontrol gerak.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Safety Valve: Definisi, Fungsi dan Prinsip Kerja dalam Melindungi Sistem dari Overpressure

Dengan kemampuannya untuk mengontrol tekanan dan memastikan pelepasan gas atau fluida berbahaya saat mencapai level yang berpotensi membahayakan, safety valve bukan hanya sekadar komponen untuk menjaga keamanan sistem industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Pentingnya Process and Instrumentation Diagram (P&ID) sebagai Alat Visualisasi dalam Industri

Selain gambaran teknis, P&ID memberikan representasi grafis yang jelas tentang hubungan antar-elemen dalam sistem. Sehingga sangat membantu para profesional atau pekerja proyek untuk memahami, merancang, dan mengelola proses industri dengan lebih efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Mengenal Mesin Bubut: Definisi, Aplikasi, dan Teknik Pembubutan

Aplikasi mesin bubut melibatkan banya industri, termasuk otomotif, kedirgantaraan, dan elektronik. Mari pahami prinsip kerja mesin bubut, jenis-jenis mesin bubut yang umum digunakan, dan teknik pembubutan seperti facing, turning, thread cutting, dan lainnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
05
.
24

Menelusuri Ragam Jenis Plat Besi dan Keunggulannya dalam Proyek Konstruksi

Mengeksplorasi berbagai jenis plat besi beserta karakteristiknya, seperti plat hitam untuk konstruksi, plat besi kembang untuk desain estetika, plat besi bordes untuk daya cengkram, plat kapal untuk industri maritim, dan plat besi strip yang tipis dan fleksibel.