2022-12-30

Harga Minyak Dunia Terus Naik Berkat Vaksin Covid-20

Daftar isi

Tutup

Kenaikan Harga Minyak

Harga minyak dunia sedang mengalami tren kenaikan pada minggu ini. Hal ini karena para produsen memulihnya permintaan minyak mentah berkat uji coba vaksin virus corona yang sudah berhasil, walaupun di beberapa negara harga dibatasi.

Kenaikan ini juga disebabkan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), Rusia dan produsen lainnya dari kelompok OPEC+, akan menahan produksi minyak mentah.

Minyak mentah West Texas Intermediate AS naik 10 sen, atau 0,2%, menjadi US$ 42,52 per barel. Sementara minyak mentah berjangka Brent naik sekitar 21 sen, atau 0,5% menjadi US$ 45,17 per barel pada 0436 GMT. Kedua benchmark ini memang meningkat sebesar 5% sejak minggu lalu.

Kilang Minyak

Kabar Baik!

Sentimen positif ini terus didukung oleh kabar baik karena kemanjuran vaksin virus corona dalam pengembangan dan harapan bahwa pertemuan OPEC+ pada akhir bulan ini dapat melihat grup tersebut memperpanjang pemotongan saat ini hingga 3-6 bulan.

Baca Juga : Kapan Indonesia Bisa Stop BBM Impor

Petugas kesehatan AS mengusulkan agar inokulasi COVID-19 pertama dapat disuntik dalam 1 atau 2 hari setelah persetujuan peraturan bulan depan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) kemungkinan akan memberikan persetujuan pada pertengahan Desember untuk distribusi vaksin yang diproduksi oleh Pfizer Inc dan mitra Jerman BioNTech.

OPEC+, yang akan bertemu pada 30 November dan 1 Desember, sedang mencari alternatif untuk menunda setidaknya 3 bulan dari Januari pengurangan penurunan 7,7 juta barel per hari (bph) mereka sekitar 2 juta barel per hari.

Tapi perusahaan minyak asal Rusia yang lebih kecil terus berencana untuk memompa lebih banyak minyak mentah tahun ini, walaupun ada kesepakatan global untuk memangkas produksi karena perusahaan punya sedikit kelonggaran dalam mengelola produksi ladang minyak baru.

Perusahaan energi AS memangkas jumlah rig minyak dan gas alam yang beroperasi untuk pertama kalinya dalam 10 minggu bahkan ketika produsen kembali ke sumur dengan harga minyak mentah sebagian besar diperdagangkan lebih dari US$ 40 per barel sejak pertengahan Juni.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
07
.
24

Teknik Bubut: Macam-Macam Teknik Bubut dan Aplikasi dalam Berbagai Industri

Dengan kemampuannya untuk menciptakan bentuk yang tepat dan hasil bubutan yang berkualitas, teknik bubut tetap menjadi salah satu proses fundamental dalam manufaktur yang mendukung berbagai aplikasi di sektor industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
07
.
24

Plat Besi: Ukuran, Jenis, dan Tabel Beratnya

Berat plat besi memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur dan konstruksi dalam berbagai aspek. Beban berlebih akibat penggunaan plat besi yang terlalu tebal atau berat dapat menyebabkan kerusakan struktural atau bahkan kegagalan total bangunan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
10
.
07
.
24

Dampak Ekskavasi dan Strategi Mitigasinya

Dengan memahami dan mengantisipasi dampak negatif ekskavasi serta menerapkan langkah-langkah mitigasi yang tepat, proyek ekskavasi dapat dilaksanakan dengan lebih aman dan bertanggung jawab, meminimalkan efek buruk pada lingkungan, masyarakat, dan pekerja.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
09
.
07
.
24

Apa itu Rebar Scanner dan Manfaatnya untuk Proyek Konstruksi Modern

Rebar scanner digunakan untuk mengevaluasi integritas struktural, serta menentukan apakah ada kerusakan atau keretakan pada tulangan baja yang dapat mempengaruhi kekuatan dan kestabilan bangunan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
03
.
07
.
24

Pengertian Ekskavasi dan Prosesnya Sebagai Fondasi dalam Pembangunan Infrastruktur

Ekskavasi memberikan landasan yang diperlukan untuk menentukan kedalaman fondasi, kestabilan struktur, serta penyelarasan yang tepat bagi bangunan atau infrastruktur lainnya. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
02
.
07
.
24

Pengertian PKO (Palm Kernel Oil) dan Produk Turunannya

Melalui serangkaian tahapan yang teliti, mulai dari pemanenan hingga pemurnian, proses pengolahan minyak inti sawit (PKO) memastikan bahwa minyak yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi dan siap untuk digunakan dalam berbagai aplikasi industri.