2022-12-15

Aturan Impor Barang Kiriman Terbaru Mulai Berlaku

Daftar isi

Tutup

Packing custom in BEA Cukai

Aturan Baru Impor Barang

Pemerintah melalui Bea Cukai telah menetapkan ketentuan impor terbaru berkaitan dengan barang kiriman yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 199/PMK.10/2019 dan baru mulai berlaku tanggal 30 Januari 2020. Pada aturan ini Bea Cukai menyelaraskan nilai pembebasan bea masuk atas barang kiriman dari yang sebelumnya 75 $ menjadi 3 $ /kiriman. 

Adapun pungutan pajak dalam rangka impor (PDRI) masih berlaku normal. Tapi pemerintah juga merasionalisasi tarif dari semula berkisar ± 27,5% - 37,5% (bea masuk 7,5%, PPN 10 %, PPh 10% dengan NPWP, dan PPh 20% tanpa NPWP) menjadi ± 17,5% (bea masuk 7,5%, PPN 10 %, PPh 0%).

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga menyatakan bahwa walapun bea masuk terhadap barang kiriman dikenakan tarif tunggal, pemerintah sudah menerima banyak masukan yang disampaikan oleh pengrajin dan produsen barang-barang yang banyak digemari dan banjir dari luar negeri. 

Kasus ini berakibat pada produk tas, sepatu, dan garmen dalam negeri tidak laku. Seperti diketahui banyak sentra pengrajin tas dan sepatu yang gulung tikar karena kompetitor menjual produk-produk China yang lebih murah padahal secara kualitas kurang.

Melihat hal ini yang disebabkan menjamurnya produk-produk tersebut, pemerintah telah menetapkan tarif bea masuk normal untuk komoditi tas, sepatu, dan garmen sebesar 15%-20% untuk tas, 25%-30% untuk sepatu, dan 15%-25% untuk produk tekstil dengan PPN sebesar 10%, dan PPh sebesar 7,5% hingga 10%.

Package and forklift

Baca Juga : Cara cek keaslian pada komponen pipa

Hal yang Harus Diperhatikan

Penetapan tarif normal ditetapkan agar tercipta perlakuan yang adil dalam perpajakan atau level playing field antara produk dalam negeri yang mayoritas dari IKM dan dikenakan pajak dengan produk impor melalui barang kiriman serta impor distributor via kargo umum.

Sehubungan dengan penerapan aturan baru ini, Bea Cukai mengimbau kepada masyarakat, khususnya perusahaan jasa titipan (PJT) untuk bisa menaati aturan tersebut dengan tidak melakukan modus pelanggaran antara lain memecah barang kiriman (splitting) atau memberitahukan harga di bawah nilai transaksi (under invoicing).

Dalam menyusun perubahan aturan ini, pemerintah telah melibatkan berbagai pihak untuk menciptakan aturan yang inklusif serta menjunjung tinggi keadilan dalam berusaha. Perubahan aturan ini merupakan upaya nyata pemerintah khususnya Kementerian Keuangan untuk mengakomodir masukan para pelaku industri dalam negeri khususnya IKM. 

Diharapkan dengan adanya aturan baru ini, fasilitas pembebasan bea masuk untuk barang kiriman (de minimus value) dapat benar-benar dimanfaatkan untuk keperluan pribadi dan mendorong masyarakat untuk lebih menggunakan produk dalam negeri.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Apa Itu Blind Flange? Fungsi Hingga Cara Pemasangan

Jenis flange yang berbeda dengan flange lainnya yaitu Blind Flange. Banyak yang belum mengetahui fungsinya, maka disini Kita bahas lengkap serta cara pemasangan blind flange yang tepat.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
15
.
02
.
24

Mengupas Peran Penting Spindle pada Mesin Bubut

Mesin bubut telah menjadi salah satu perangkat yang populer di sektor manufaktur dan industri. Di balik keserbagunaan mesin ini, terdapat komponen berperan dalam memastikan performa optimal dari mesin bubut, yaitu spindle. Tanpa adanya spindle, mesin bubut bukanlah hanyalah mesin biasa tanpa fungsi spesifik. Bisa dibilang, spindle adalah komponen paling penting dari sebuah mesin bubut (lathe machine).

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
02
.
24

Memahami Peran Vent dan Drain dalam Sistem Perpipaan

Meskipun kecil, dalam sistem perpipaan, vent dan drain sangat sering terlewatkan atau diabaikan. Padahal, instalasi keduanya sangatlah penting dan perlu disediakan. Walaupun, tentu saja, memerlukan biaya tambahan. Jadi, seberapa penting peran vent dan drain dalam sistem perpipaan?

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
02
.
24

Kenali Komponen dan Karakteristik Pressure Vessel

Demi kelancaran proses industri, pengaruh suhu dan tekanan sangat penting untuk diperhatikan. Maka tidak heran jika banyak perangkat pengatur suhu dan tekanan digunakan, baik yang berukuran kecil sampai besar. Keamanan dan kinerja optimal dari proses industri seringkali tidak lengkap tanpa peran dari pressure vessel atau bejana tekan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
02
.
24

Peran Penting Reservoir dalam Industri Migas

Reservoir, seperti suatu wadah raksasa tersembunyi di dalam kerangka bumi, adalah perangkat yang mengelola dan menyimpan kekayaan hidrokarbon, yang juga menjadi salah satu fokus utama industri migas. Mari kita menyelusuri apa sebenarnya fungsi reservoir dalam memenuhi kebutuhan energi dunia.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
02
.
24

Mengenal Rig dalam Kegiatan Pengeboran Minyak

Dalam konteks pengeboran, terdapat istilah "rig" yaitu perangkat utama yang menghubungkan antara ekstraksi dan produksi. Rig pengeboran, dalam perannya yang vital, memungkinkan manusia untuk mengeksplorasi lapisan-lapisan bumi yang dalam dengan presisi dan aman. Mari kita memahami lebih lanjut tentang keberadaan dan peran rig dalam industri migas.