2022-12-15

Harga Minyak Anjlok, Amerika Serikat Terdampak

Daftar isi

Tutup

Harga Minyak Anjlok

Pekan ini dunia dihebohkan dengan harga minyak yang anjlok sampai angka minus. Puncaknya, ketika harga minyak patokan Amerika Serikat (AS) West Texas Intermediate (WTI) berada dalam nilai negatif US$ -37,6 per barel. Hingga menjadikan harga minus terparah dalam sejarah perdagangan minyak dunia.

Industri minyak dan gas kini memang telah dihantam dan tertekan akibat krisis pandemi Corona (COVID-19). Selain itu, keengganan negara-negara penghasil minyak utama untuk menyetujui pemotongan produksi yang diperlukan untuk mengangkat harga minyak.

jalur perpipaan pinggir laut

Masalah ini berawal dari perseteruan perang harga oleh Rusia dan Arab Saudi. Setelah pertemuan OPEC pada awal Maret, di mana Rusia tidak setuju dengan rencana Saudi untuk mengurangi produksi, Saudi memulai perang harga dengan Rusia dan sekutunya. Sejak itu, harga minyak telah jatuh.

Bagi sebagian besar produsen migas di AS untuk menjaga bisnisnya, mereka mematok harga minyak rata-rata untuk WTI harus berkisar antara US$ 40 hingga US$ 45 per barel. Sebaliknya, harga minyak Saudi menjadi terendah di dunia dengan rata-rata US$ 8,98 per barel dan biaya produksi Rusia rata-rata US$ 19,21 per barel.

Baca juga : Harga Minyak Dunia Terjun Bebas

Efek Anjloknya Harga Minyak

Jika AS tetap bersikeras dengan nilai tersebut guna menutupi biaya produksi dalam lingkungan ekonomi global yang tertekan. Hal tersebut akan membuat produsen migas Amerika kekurangan uang tunai untuk dividen pemegang saham dan biaya dasar perusahaan.

Efeknya telah terlihat, diprediksi sekitar 100 perusahaan migas di AS akan terancam bangkrut jika harga untuk Western Texas Intermediate tetap di bawah $ 40 per bare. Diperkirakan antara Maret dan Mei, produksi minyak mentah AS akan turun dari 12,7 juta barel per hari menjadi 11,9 juta barel per hari, kerugian dapat mencapai 800.000 barel per hari.

Intinya, julukan AS sebagai produsen minyak mentah terbesar di dunia dalam beberapa tahun terakhir telah berakhir. Daerah-daerah seperti Permian Basin, penghasil minyak terbesar di AS berbiaya rendah yang terletak di Texas akan mengalami kehancuran besar. Produsen telah dibebani dengan utang yang banyak, diperdagangkan pada tingkat tertekan dan secara efektif menutup jalur kredit oleh bank.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pipa dan Fungsinya

Akibatnya, cita-cita AS untuk menjadi negara merdeka di sektor energi segera memudar. Pemerintah AS perlu berkolaborasi dan mencari bantuan ke negara-negara yang berpengaruh pada bisnis minyak mentah.

Dengan demikian, AS akan dipaksa untuk merancang ulang kebijakan ekonomi luar negeri untuk menghadapi kenyataan baru di sektor energi ini.

AS sendiri telah menunjukkan kekuatannya sebagai produsen minyak mentah terbesar di dunia. Dengan memiliki harga rata-rata hampir 17,9 juta barel per hari awal tahun ini, namun total produksi minyak AS bisa turun antara 2 juta dan 3 juta barel per hari pada akhir tahun 2020.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
07
.
24

Teknik Bubut: Macam-Macam Teknik Bubut dan Aplikasi dalam Berbagai Industri

Dengan kemampuannya untuk menciptakan bentuk yang tepat dan hasil bubutan yang berkualitas, teknik bubut tetap menjadi salah satu proses fundamental dalam manufaktur yang mendukung berbagai aplikasi di sektor industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
12
.
07
.
24

Plat Besi: Ukuran, Jenis, dan Tabel Beratnya

Berat plat besi memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur dan konstruksi dalam berbagai aspek. Beban berlebih akibat penggunaan plat besi yang terlalu tebal atau berat dapat menyebabkan kerusakan struktural atau bahkan kegagalan total bangunan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
10
.
07
.
24

Dampak Ekskavasi dan Strategi Mitigasinya

Dengan memahami dan mengantisipasi dampak negatif ekskavasi serta menerapkan langkah-langkah mitigasi yang tepat, proyek ekskavasi dapat dilaksanakan dengan lebih aman dan bertanggung jawab, meminimalkan efek buruk pada lingkungan, masyarakat, dan pekerja.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
09
.
07
.
24

Apa itu Rebar Scanner dan Manfaatnya untuk Proyek Konstruksi Modern

Rebar scanner digunakan untuk mengevaluasi integritas struktural, serta menentukan apakah ada kerusakan atau keretakan pada tulangan baja yang dapat mempengaruhi kekuatan dan kestabilan bangunan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
03
.
07
.
24

Pengertian Ekskavasi dan Prosesnya Sebagai Fondasi dalam Pembangunan Infrastruktur

Ekskavasi memberikan landasan yang diperlukan untuk menentukan kedalaman fondasi, kestabilan struktur, serta penyelarasan yang tepat bagi bangunan atau infrastruktur lainnya. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
02
.
07
.
24

Pengertian PKO (Palm Kernel Oil) dan Produk Turunannya

Melalui serangkaian tahapan yang teliti, mulai dari pemanenan hingga pemurnian, proses pengolahan minyak inti sawit (PKO) memastikan bahwa minyak yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi dan siap untuk digunakan dalam berbagai aplikasi industri.