+6221 - 2933 9521/22

082111422613 / 081380534301

sbu1@alvindocs.com / sbu2@alvindocs.com

APL Tower - Central Park Lantai 17

Pengertian dan Penggunaan Jack Screw Flange

27 Agustus 2019

Apa itu Jack screw Flange dan apa saja fungsi dari Jackscrew Flange? Kami akan membahasnya secara runut untuk memperdalam pengetahuan Anda mengenai komponen pipa.

Sebuah flange pipa terdiri dari flange itu sendiri, stud bolt / machine bolt dan gasket. Fungsi atau kegunaan dari komponen pipa flange sudah sering kami bahas di post-post sebelumnya, bahwa flange berfungsi untuk menyambungkan dua buah pipa yang umumnya berbahan ferrous. 

Pada flange pipa biasa digunakan bolt / baut untuk mengencangkan atau menyambungkan, hal ini bertujuan agar diantara flange tersebut saling terikat kuat dan tentunya agar aliran tidak mudah bocor digunakan gasket diantara dua flange.

Penggunaan Jack Screw Flange

Sebelum membahas lebih dalam mengenai Jack screw flange, Anda harus lebih dulu mengenal penggunaan flange secara umum. Pada penggunaan flange, ada ukuran dan skala tertentu yang digunakan pada bautnya agar flange tersebut benar-benar rapat. 

Flange juga biasa diaplikasikan ke pipa dengan equipment lain, contohnya pada rotating equipment (pompa). Setelah flange dikencangkan dengan flange lain atau flange dengan equipmentnya, flange itu akan benar-benar sangat kencang jika sudah menempel dalam waktu yang cukup lama (beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun). 

Bahkan ketika baut atau boltingnya hendak dilepas, flange tersebut akan tetap menempel kencang dengan equipmentnya. Maka dari itu, untuk memisahkan keduanya digunakanlah jack screw flange.

Pengertian Jack Screw Flange

Jack Bolt atau Jack Screw Flange adalah flange yang memiliki lubang khusus untuk dipasang machine bolt. Lubang untuk machine blot ini tidak tembus ke flange pasangannya, tapi hanya ada disatu sisi flange saja. Inilah yang dinamakan jack screw flange.

Jadi jack screw flange punya sebuah mekanisme sendiri yang fungsinya tentu untuk memudahkan atau melepaskan dua buah flange yang melekat lama. Jack screw ini digunakan untuk melepaskan dua buah flange, saat diputar kepala bautnya, maka baut akan mendorong flange sisi satunya yang tak ada lubangnya, maka flange sisi sebelahnya bisa terdorong dan akhirnya terlepas. 

Penggunaan jack screw pada pompa

Jenis flange pada pompa biasanya memiliki jack screw. Karena untuk melepaskan flange pada equipment rotating dimana biasanya punya ruang yang terbatas dibandingkan hanya dua buah flange di pipa yang panjang. Jack screw ini akan sangat berguna nantinya, ibaratnya jack screw ini akan mendongkrak flange agar mudah terpisah dan nantinya si pompa bisa diperbaiki setelah dilepas sambungan pipanya.

Penggunaan jack screw pada orifice flange 

Penggunaan bolt pada jack screw flange banyak sekali ditemukan apalagi pada orifice flange. Hal itu untuk keperluan maintenance flange dari instrument tersebut.

Jack Screw Flange untuk orifice flange, sudah pernah kami bahas sebelumnya di special flange. Mengenai cara kerjanya, orifice flange digunakan untuk mengukur flow rate dari gas atau liquid yang berada pada jalur pipa. 

Sepasang oriface flange biasanya terdiri dari tapping (lubang, dilingkari biru) yang langsung di machining ke flange. Lubang ini akan menjadi sarana pengukuran menggunakan orifice, maka pada pipa tak perlu dilubangi lagi.

Pada ASME B16.36 memuat dimensi dan tolerasi dari orifice flange (tercover juga ASME B16.5) diantaranya, penggunaannya tercover pada range berikut :

- Welding Neck Classes 300, 400, 600, 900, 1500, 2500
- Threaded Class 300
- Slip On Class 300

Jadi, jack screw itu berfungsi untuk memudahkan atau memisahkan flange. Jack screw sendiri jika diterjemahkan, jack artinya mendongkrak, screw artinya baut (atau scrup). Jack screw dikenal juga dengan sebutan jack bolt. Semoga ulasan ini bisa memberi sedikit pemahaman buat Anda mengenai pengertian dan penggunaan jack screw flange.

Berita Terkait

Apa itu Fitting Nipple dan Jenis-Jenis Fitting Nipple
Hari ini, kita akan bahas mengenai salah satu forged fitting yaitu fitting nipple, disebut demikian karena bentuknya yang kecil. Tapi walaupun bentuknya kecil beratnya ada yang sampai 10 kg lho. F ...
15 Oktober 2019
Kenapa Pembakaran Gas Dilakukan di Flare Stack?
Jika Anda pernah melihat di TV, internet atau suatu tempat khususnya wilayah riau, cilacap, cepu atau tempat dimana terdapat perusahaan pengolahan minyak dan gas. Anda akan melihat suatu rangkaian kon ...
08 Oktober 2019