Tipe-Tipe Ball Valve dan Fungsinya

13 Juni 2019

Jika anda lihat dari bentuk luarnya, sering kali sulit untuk membedakan mana Globe Valve dan mana Ball Valve. Karena kedua jenis valve ini memang punya bentuk dan nama yang hampir mirip.

Lalu, bagaimana cara membedakan kedua valve ini? Anda bisa membaca ulasan artikel tentang Perbedaan dari Valve Ball, Valve Globe dan Valve Gate yang sudah kami jabarkan secara detail.

Apa yang dimaksud Ball Valve?

Ball Valve merupakan sebuah perangkat sistem pipa dengan pengontrol aliran yang berbentuk disc bulat seperti bola. Pada disc bola tersebut punya lubang tepat ditengahnya. Jika posisinya terbuka [open] maka lubang tersebut akan menghadap searah dengan kedua ujung katup dan aliran akan mengalir. Jika posisinya tertutup [close] maka posisi lubang berada tegak lurus dengan ujung katup dan aliran akan terhalang.

Tipe ball valve ini banyak dipakai karena mudah dalam maintenance, sangat serbaguna dan ball valve ini juga mampu menahan tekanan atau suhu tinggi. Tapi tergantung dari material / bahan baku apa ball valve terbuat, bisa dari logam, plastik atau bahan keramik. 

Ball Valve dikatakan bisa menahan tekanan hingga 10.000 Psi dan temperatur sekitar 200°C. Ball Valve juga dapat menahan tekanan hingga 1000 barr dan suhu hingga 482 F [250°C]. Ukurannya berkisar 0,2-11,81 inci (0,5 cm sampai 30 cm). Untuk membuatnya tahan lama, pada disc bulatnya sering dilapisi dengan chrome.

tipe ball valve

TIPE-TIPE BALL VALVE

 

Ternyata ball valve juga ada 2 tipe yang ada di pasaran saat ini seperti :

1. Full Bore Ball Valve

full bore ball

Full bore ball valve merupakan tipe ball valve dengan diameter lubang pada disc bulatnya sama dengan diameter pada pipa. Tipe full bore ball valve ini umumnya dipakai pada blow down, production manifold, piggable line dan pipeline.


2. Reduced Bore Ball Valves

Reduced Bore Ball Valves

Reduced bore ball valves merupakan tipe ball valve yang diameter lubang pada disc bulatnya tidak sama ukurannya / lebih kecil dari ukuran diameter pipa. Diameter pada ball valve tipe ini minimal 1 ukuran lebih rendah dari ukuran diameter pipa. Misal ukuran diameter pipa 5 inchi maka diameter pada lubang ball valve adalah 4 inchi.

FUNGSI, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BALL VALVE

 

Pemakaian dan Fungsi Ball Valve

Ball Valve sering digunakan pada proses hydrocarbon, ball valve dapat mengatur besar kecil aliran pada uap dan gas terutama saat tekanan rendah. Ball valve bisa mudah dan cepat ditutup serta kedap untuk menahan fluida / zat cair. Ball valve menggunakan ankle untuk membuka / menutup valve dengan sudut 90°. Bentuknya yang simple, dapat meminimalkan turunnya tekanan pada saat valve dibuka penuh.

Ball Valve banyak digunakan dan difungsikan untuk :

Kelebihan Ball Valve :

Kekurangan Ball Valve :

Berita Terkait

Tabel Nominal Ukuran Pipa dan Schedule Pipa
Tabel Nominal Pipe Size dan Pipe Schedule - Nominal pipe size (NPS) merupakan cara atau metode untuk memberi nama pipa berdasarkan ukuran pada diameternya, ingat ya diameter nominal pipanya, bukan dia ...
13 Agustus 2019
Kenali Perbedaan Pipa dengan Tube
Istilah pipe dan tube terkadang sering tertukar, meskipun sama-sama punya fungsi untuk mengalirkan fluida. Pipe dan tube mempunyai karakteristik yang jelas berbeda. Pipe diidentifikasi sebagai nominal ...
06 Agustus 2019