+6221 - 2933 9521/22

082111422613 / 081380534301

sbu1@alvindocs.com / sbu2@alvindocs.com

APL Tower - Central Park Lantai 17

Pahami Perbedaan Stud Bolt dengan Machine Bolt

20 Agustus 2019

Stud bolt dan Machine bolt mempunyai fungsi yang berbeda pada sebuah sistem pemipaan. Meskipun sama-sama baut (bolt), tapi kegunaannya punya karakteristrik yang berbeda. Baut sendiri merupakan jenis dari fastener atau lebih dikenal dengan pengencang. Fungsinya untuk mengencangkan 2 bagian menjadi 1. Dalam sistem perpipaan sendiri, baut lebih sering digunakan untuk mengencangkan flange.

perbedaan stud bolt dan machine bolt pada sistem pipa

Pengertian stud bolt dan machine bolt 

Baut pada sistem pipa dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu : machine bolt dan stud bolt. Machine bolt merupakan tipe baut yang pasti sering anda lihat sehari-hari, tipe ini hanya punya 1 mur (nut) saja. Machine bolt punya permukaan rata pada satu ujungnya, sebaliknya ujung yang lain untuk mur-nya.

Kalau tipe stud bolt, punya 2 buah mur yang bisa dikencangkan dari sisi kanan atau kirinya. Penggunaan stud bolt digunakan pada sambungan flange yang menghubungkan antar pipa atau komponen tertentu lainnya.

perbedaan stud bolt dan machine bolt pada sistem perpipaan

Stud bolt keunggulan dan kelemahannya

Lalu kenapa stud bolt digunakan pada flange? Karena stud bolt punya 3 keunggulan dibandingkan dengan tipe machine bolt, keunggulannya ialah :

1. Punya diameter yang sama (tidak ada head)
2. Stud bolt mudah dilepas jika sudah berkarat / rusak
3. Stud bolt yang jarang digunakan bisa mudah dibuat dari baja padat / round stock

Tapi tetap saja stud bolt memiliki kelemahan, sering kali tipe ini membuat bingung arahnya saat dilepas atau dikencangkan.

Keunggulan dan kelemahan Machine bolt

Machine bolt sering kali lebih mudah rusak karena seluruh panjangnya harus mengakomodir gaya saat terjadi torsi. Saat diputar untuk pengencangan atau pengenduran, maka seluruh badan pada machine bolt juga akan mengalami tegangan putaran, sangat berpotensi akan merusak baut ini.

perbedaan stud bolt dan machine bolt pada sistem pemipaan

Coba bandingkan dengan stud bolt, saat pengencangan, cuma mur-nya saja yang bergerak jadi mengurangi resiko kerusakan. Tapi tetap machine bolt punya keunggulan, baut ini punya satu kepala jadi dapat dimanfaatkan sebagai skrup (screw). Dimana machine bolt dapat dikencangkan tanpa butuh nut atau washer pada boltnya.

Demikian pembahasan kami kali ini mengenai perbedaan stud bolt dan machine bolt pada sistem pemipaan.

Berita Terkait

Apa itu Fitting Nipple dan Jenis-Jenis Fitting Nipple
Hari ini, kita akan bahas mengenai salah satu forged fitting yaitu fitting nipple, disebut demikian karena bentuknya yang kecil. Tapi walaupun bentuknya kecil beratnya ada yang sampai 10 kg lho. F ...
15 Oktober 2019
Kenapa Pembakaran Gas Dilakukan di Flare Stack?
Jika Anda pernah melihat di TV, internet atau suatu tempat khususnya wilayah riau, cilacap, cepu atau tempat dimana terdapat perusahaan pengolahan minyak dan gas. Anda akan melihat suatu rangkaian kon ...
08 Oktober 2019