Istilah Car Seal Open dan Close (CSO/CSC) pada Sistem Perpipaan

02 Juli 2019

Istilah Car seal open [CSO] merupakan pengaman pada valve atau komponen pipa lain untuk menghindari agar orang yang tak punya kepentingan membuka atau menutup valve, dalam hal ini (CSO) valve terkunci pada saat terbuka. Jadi seperti pengaman atau penahan agar valve / komponen pipa lain tidak di utak-utik orang lain.

Jika dilihat dari bentuknya, car seal open atau close itu mirip seperti pada kargo atau container, kalau Anda melihat pada belakang mobil container tersebut biasanya akan terdapat segel (seal). Sekali lagi seal tersebut punya fungsi agar tidak bisa dibuka oleh orang yang tak berkepentingan, jika segel tersebut rusak berarti berarti kita akan tahu kalau ada orang yang mencoba membukanya.

car seal open sistem pipa

Jika ada seal, orang lain akan mikir dua kali jika mereka mau iseng membukanya, karena sudah pasti akan ketahuan. Sedangkan kalau sealnya tidak ada, orang lain akan penasaran dan mencoba iseng membukanya.

Kapan bisa menemukan CSO dan CSC (car seal close)

 

Anda akan menemukan bentuk car seal open atau car seal close biasanya pada Piping and Instrument Diagram (PID). Anda cukup melihat PID, maka anda bisa menemukan salah satu dari car seal ini. Dimana menemukannya dalam PID? Kalau dilihat lebih dalam, maka anda akan menemukan car seal open dan close pada pressure safety valve (PSV).

Sebuah sistem pipa umumnya akan ditemukan lebih dari satu PSV, biasanya double. Dimana PSV tersebut satu aktif dan satunya untuk spare (cadangan). Karena fungsi PSV penting, maka alat ini harus berfungsi sebagaimana mestinya, jadi jangan sampai menemukan PSV secara berbarengan rusak (atau dalam perawatan).

Posisi PSV selalu ada yang aktif dan lainnya sebagai spare (cadangan). Maka dari itu Anda perlu menguncinya, menyegel block valve (valve menuju PSV) dengar car seal. Salah satu valve yang menuju PSV aktif diberikan car seal open, sedangkan sisi yang lain diberikan car seal close. Tapi ingat, yang di berikan car seal valvenya bukan pada PSV.

car seal close sistem pipa

Lalu dimana lagi bisa menemukan CSO atau CSS ini? biasanya digunakan juga pada :

Bagaimana bentuk car seal?

car seal close open

Bentuk Car Seal Open dan Car Seal Close seperti kabel, seal ini terbuat dari metal yang bisa di lengkung atau di bengkokan masuk ke lubang pada stiran yang ada di valve. Cara kerjanya mirip seperti kabel tie, setelah memasukan metal seal tadi ke dalam segel, maka metal juga akan terkunci. Valve pun akan tersegel. Untuk membuka kembali si valve, car seal harus di rusak atau di potong paksa.

Cars seal umumnya terdiri dari berbagai warna dan kode, hijau untuk tanda valve terbuka dan merah untuk tertutup. Pengkodean warna bisa berbeda tergantung perusahaan masing-masing, biru contohnya digunakan untuk segel ‘operation’ yang dilakukan oleh staff proses. Artinya untuk membuka segel warna biru bisa berakibat terpengaruhnya hasil produksi. 

Demikian ulasan mengenai car seal open atau close ini, semoga dapat membantu Anda dan menjadikan bahan referensi ini sebagai pembelajaran pada sistem perpipaan. Jika anda membutuhkan komponen pipa dengan berbagai brand terpercaya, Anda bisa langsung cek saja di www.alvindocs.com.

Berita Terkait

Tabel Nominal Ukuran Pipa dan Schedule Pipa
Tabel Nominal Pipe Size dan Pipe Schedule - Nominal pipe size (NPS) merupakan cara atau metode untuk memberi nama pipa berdasarkan ukuran pada diameternya, ingat ya diameter nominal pipanya, bukan dia ...
13 Agustus 2019
Kenali Perbedaan Pipa dengan Tube
Istilah pipe dan tube terkadang sering tertukar, meskipun sama-sama punya fungsi untuk mengalirkan fluida. Pipe dan tube mempunyai karakteristik yang jelas berbeda. Pipe diidentifikasi sebagai nominal ...
06 Agustus 2019