2022-07-22

Cara Cek Keaslian Produk Komponen Pipa

Daftar isi

Tutup

cara cek keaslian produk komponen pipa

Sebagai pembeli pasti kita harus memastikan barang yang kita beli ini original, tahan lama dan aman. Sekarang ini banyak product import yang dijual dengan harga sangat murah dengan Mill Test Certificate (MTC) juga lengkap. Adanya MTC ini belum tentu membuktikan bahwa barang yang Anda beli sudah pasti keasliannya.

Sebagai pelaku usaha, produk palsu ini akan merugikan Anda karena secara kualitas, resiko dan keamanan tidak terjamin selain itu dapat merusak citra perusahaan. Munculnya fenomena pemalsuan produk dan sertifikat produk ini sangat meresahkan konsumen yang ingin membeli produk asli yang sudah jelas kualitasnya, terutama pada komponen pipa seperti Valve, Fitting pipa seperti Elbow, Reducer dan Flange.

Resiko Beli Produk Komponen Pipa Palsu :

 

Munculnya produk komponen pipa palsu seperti Valve, Elbow, Flange, Reducer dan Fitting Pipa ini tentunya dapat menimbulkan resiko seperti :

ciri-ciri fitting pipa asli

• Kesehatan dan Keselamatan

Proses pembuatan produk palsu biasanya menggunakan bahan yang tidak sesuai dengan pedoman kesehatan dan keselamatan yang berlaku, produk tersebut seringkali berkualitas buruk dan tidak memenuhi spesifikasi klien maupun standar industri. Produk palsu juga sering tidak diuji kelayakannya.

• Lingkungan Hidup

Kecelakaan yang disebabkan oleh produk palsu di bawah standar sehingga dapat berdampak buruk pada lingkungan dan membahayakan keselamatan pekerja.

• Ekonomi

Produk palsu biasanya mudah rusak atau merusak sistem instalasi yang ada sehingga akan membutuhkan lebih pemeliharaan yang berefek kepada operasional perusahaan. Bertambahnya pemeliharaan instalasi maka bertambah juga biaya yang dikeluarkan perusahaan.

• Reputasi

Jika Anda sebagai supplier maka penggunaan produk palsu akan dapat berdampak buruk terhadap reputasi sebagai penjual produk asli karena masalah yang muncul akibat tidak sesuai standard industry.

• Hukum

Jika distributor dan supplier tidak mengambil tindakan pencegahan atau menggunakan produk palsu dan menyebabkan cedera, kematian atau kerusakan lainnya maka akan diproses ke ranah hukum dan dimintai pertanggungjawaban atas kerugian yang ditimbulkan oleh pihak ketiga karena penjualan produk palsu. Selain itu dari pihak factory juga bisa menuntut atas pemalsuan barang sehingga banyak kerugian yang akan ditimbulkan

Begini Cara Cek Keaslian Produk Valve, Flange, Fitting Pipa, Elbow, Reducer, Tee

 

Lalu bagaimana caranya mengecek keaslian jika ada produk atau bahkan sertifikat yang dipalsukan pada produk komponen pipa ini?

Beberapa merk ternama dari luar negeri seperti M.E.G.A, Metalfar, IML dari Italia, Bebitz dari Jerman, ULMA dari Spanyol, Erne Fitting dari Austria, atau AWAJI dari Jepang memang mempunyai ciri untuk mengecek keaslian produk mereka. Tapi pada umumnya ciri-cirinya hampir sama. 

Ciri-ciri produk asli dari komponen pipa seperti Valve, Elbow, Reducer, Flange dan Fitting Pipa adalah punya MARKING pada produk tersebut. Produk mereka juga dilengkapi dengan MTC yang asli, yang bisa dicocokan dengan marking produknya. Marking produk tersebut meliputi :


 


Contoh marking fitting / kode keaslian produk (cocokan dengan sertifikat)

1. Manufacturer of product / nama produsen produk
2. Heat Code 
3. Size / ukuran produk
4. Material specification / spesifikasi bahan

contoh sertifikat fitting pipa flange valve


Contoh sertifikat Awaji untuk produk Buttweld Fitting

Anda sebagai konsumen juga harus memastikan bahwa Sertifikat yang diterima dari distributor / stockist tersebut memang asli dan bukan manipulasi. Karena ada hal yang paling mudah untuk cek keaslian selain pada marking produk. Bagaimana caranya?

Caranya sangat simpel dan mudah :

1. Anda bisa kirim sertifikat tersebut melalui email kepada Brand Factory/pabrik pembuat produk. Untuk mengetahui email Factory, Anda bisa cek di website mereka. Seperti misalnya brand Metalfar bisa Anda cek di www.metalfar.com pada menu contact atau brand M.E.G.A bisa cek di www.mega-spa.com juga pada menu contact, Awaji bisa cek di www.awaji-m.jp. Untuk brand lain bisa Anda cek sendiri di website masing-masing sesuai nama brandnya, dan biasanya ada di menu kontak.

2. Pihak Factory akan mengecek sertifikat keaslian yang Anda kirim dengan melihat juga nama distributor pada sertifikat tersebut. 

3. Anda tinggal menunggu saja balasan email dari mereka

Semoga ulasan mengenai cara cek keaslian produk komponen pipa diatas bisa menjadi referensi bagi Anda. Hal ini sangat penting agar Anda tidak membeli produk palsu yang akan berakibat buruk pada sistem perpipaan yang akan di instalasi. Kami PT Alvindo Catur Sentosa merupakan stockiest yang hanya menjual barang original. Kami dapat menjamin keaslian barang yang kami jual agar Anda dapat terhindar dari resiko yang muncul dari barang palsu.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengimplementasikan Pipe Purging sebagai Strategi Perawatan Rutin

Pipe purging, sebuah metode yang dirancang untuk membersihkan dan menyiapkan pipa sebelum penggunaan atau pengujian lebih lanjut. Simak informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Kerusakan pada Valve: Mengidentifikasi Masalah dan Strategi Pencegahan

Valve, yang merupakan komponen penting dalam berbagai sistem industri, seringkali mengalami masalah tertentu, yang jika dibiarkan dapat mengganggu kinerja operasional. Pemeliharaan dan pemantauan secara teratur menjadi kunci dalam mencegah kerusakan tersebut.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
01
.
24

Peran Welder Serta Kualifikasi, Tips hingga Kisaran Gaji

Seorang Welder Profesional masih sangat dibutuhkan di industri manapun. Namun sebelum itu, Anda perlu mengenal apa itu welder, keterampilan, tantangan, kisaran gaji hingga prospek masa depan. Simak artikel berikut ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
01
.
24

Ketahui Ilmunya Sebelum Berkarir di Industri MiGas

3 pilar dalam industri Minyak bumi dan gas. Pahami ilmunya dan gambaran lengkapnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
23
.
11
.
23

Perbedaan Distributor Supplier Agen dan Reseller

Apa itu distributor, supplier, agen dan reseller. penjelasan serta perbedaannya antara ketiganya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
09
.
23

Jenis Alat Pelindung Diri APD Untuk Pekerja Konstruksi

Jenis alat perlindungan diri K3 serta fungsinya dan macam macam alat pelindung diri untuk pekerja konstruksi dan alat berat