Apa itu Elbow pada Sistem Pipa?

21 Mei 2019

Pipa adalah benda yang memiliki bentuk tabung dengan lubang yang terbuat dari berbagai bahan yang biasanya digunakan untuk mengalirkan fluida baik itu berbentuk cair, gas, atau udara. Fluida sendiri memiliki temperatur dan tekanan yang tidak sama saat mengalir. 

Jenis pipa sangat banyak dan berdasarkan zat yang dialirkan, pipa bisa dibedakan menjadi pipa air, pipa minyak, pipa udara, pipa lumpur, pipa uap, pipa drainase, dan masih banyak yang lainnya. Tak hanya itu, ada juga pipa yang dibagi berdasarkan cara pembuatan, seperti pipa baja seamless, pipa baja welded, dan pipa baja ductile.

Ada juga jenis pipa yang dibedakan dari struktur bahan baku yang digunakan, seperti pipa carbon steel, pipa galvanis, pipa PVC, pipa ferro nikel, pipa HDPE, dan masih banyak yang lainnya. Selain pipa yang dibahas tadi, ada juga model pipa lain, yaitu Elbow. Untuk Anda yang belum tahu, ketahui apa itu Elbow pada sistem pipa.

 

Apa itu Elbow pada Sistem Pipa?

 

Elbow merupakan jenis komponen pada sistem pipa dengan bentuk yang membungkuk pada sudutnya yang bisa dimanfaatkan pada sudut sehingga pipa menjadi lurus. Dengan kata lain, Elbow juga bisa disebut dengan pipa sudut. Hampir sama dengan pipa yang lainnya, pipa ini bisa dibuat dari berbagai macam bahan. 

elbow buttweld

Elbow Buttweld

Elbow yang sering ditemui biasanya terbuat dari kuningan, besi cor, plastik, atau yang lainnya. Tak hanya bahan, ukuran dan bentuk siku Elbow juga berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Biasanya pemakaian jenis pipa ini dipilih dari bahan yang sesuai dengan fungsi unit pipa.

Kehadiran Elbow sangat dibutuhkan karena pemasangan pipa tidak hanya berada di tempat yang lurus. Bisa saja pemasangan pipa terletak di dekat penghalang, melalui dinding, atau bahkan ada hal lain yang tidak memungkinkan pipa untuk tetap lurus. 

Sudut atau belokan yang dilalui oleh pipa tidak selalu sama atau memiliki ukuran sudut yang beragam. Untuk itu Elbow juga tersedia dengan beragam ukuran sudut yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam penggunaannya, Elbow biasanya digunakan atau digabung dengan pipa lain atau lapisan khusus sehingga pipa menjadi lebih aman. 

Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada sendi pipa. Anda bisa menggunakan Elbow dari bahan stainless / carbon steel untuk mendapatkan hasil terbaik. Pada jenis lain, Elbow bisa juga dilas dengan pipa lain agar pemasangannya lebih kuat dan permanen. Fungsi ini bisa dimanfaatkan untuk rangkaian pada alat berat. Caranya dengan memotong Elbow secara memanjang dan mengelasnya pada potongan pipa yang lurus sesuai dengan bentuk yang dibutuhkan. 

elbow forged fitting

Elbow Forged Fitting

Jika pada kendaraan, sistem pembuangannya sering membutuhkan pipa pada bagian lain kendaraan dan untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan pipa Elbow agar bagian yang dibutuhkan bisa dijangkau dengan mudah. Untuk penggunaan di kendaraan seperti ini Elbow yang digunakan bisa dipilih yang terbuat dari stainless steel atau baja.

Tak hanya itu semua, pipa PVC juga bisa digabung dengan Elbow dan penggunaannya bisa dimanfaatkan untuk sistem ventilasi rumah. Pipa jenis PVC ini memiliki banyak sekali keunggulan, seperti ringan dan mudah dipotong. Dengan menggunakan Elbow pada bahan ringan tidak perlu menggunakan lapisan tambahan karena sikunya bisa disekrup antara pipa satu dengan yang lainnya.

Itulah sedikit ulasan tentang apa itu Elbow pada sistem pipa. Semoga bermanfaat.
 

Berita Terkait

Tabel Nominal Ukuran Pipa dan Schedule Pipa
Tabel Nominal Pipe Size dan Pipe Schedule - Nominal pipe size (NPS) merupakan cara atau metode untuk memberi nama pipa berdasarkan ukuran pada diameternya, ingat ya diameter nominal pipanya, bukan dia ...
13 Agustus 2019
Kenali Perbedaan Pipa dengan Tube
Istilah pipe dan tube terkadang sering tertukar, meskipun sama-sama punya fungsi untuk mengalirkan fluida. Pipe dan tube mempunyai karakteristik yang jelas berbeda. Pipe diidentifikasi sebagai nominal ...
06 Agustus 2019