2024-03-07

Minimalisir Gangguan dan Kerusakan pada Perpipaan dengan Instalasi Pipe Racks

Daftar isi

Tutup

Selain struktur atau rangkaian pipe support, pengaturan yang tepat atas jaringan pipa yang saling terhubung diperlukan untuk mengurangi biaya modal dan meningkatkan efisiensi, serta memaksimalkan hasil produksi. Hal ini bisa didukung dengan adanya pipe racks yang dipasang secara terstruktur.

Pipe racks juga dikenal sebagai jembatan pipa, jalur pipa, dan koridor pipa. Di pabrik pengolahan seperti kilang minyak, petrokimia, fasilitas seperti pabrik kimia, hingga pembangkit listrik, pergerakan fluida sangat penting untuk berfungsinya peralatan dan unit yang saling berhubungan dengan baik.

Baca Juga: Pipe Support dalam Menjaga Integritas Perpipaan

Apa itu Pipe Racks?

Sistem perpipaan perlu diatur, ditopang, dan dilindungi dengan sangat teliti untuk mencegah kerusakan, kebocoran, dan kecelakaan. Tanpa adanya hal-hal yang memadai, pipa bisa mengendur, bengkok, atau bahkan patah karena beratnya sendiri atau karena faktor eksternal seperti getaran atau tekanan lingkungan.

Pipe racks merupakan hal yang sangat diperlukan pada peralatan mekanis, vessel, dan valve. Secara umum, pipe racks berfungsi bukan hanya sebagai struktur pendukung pipa, melainkan juga melindungi kabel listrik, hingga kabel instrumen di berbagai industri. Semua jalur yang keluar dan masuk, hingga jalur suplai utilitas uap, udara, air pendingin, gas, dan sebagainya, juga dialirkan melalui pipe racks.

Jika pipe support menjadi penyangga yang berada di atas tanah (grounded), pipe racks merupakan struktur yang terbuat dari baja atau beton yang ditinggikan.

Jenis-jenis Pipe Racks

Terdapat dua jenis pipe racks yang dibuat dengan tujuan yang berbeda, yaitu utility pipe dan process pipe.  Kedua jenis pipa ini ditutup oleh pipa relief dan flare dengan tujuan melindungi keselamatan jika terjadi tekanan ekstra yang meledak di saluran. Berikut penjelasan tentang keduanya:

Utility Pipes

Jika pipe rack hanya terdiri dari satu tingkat, utility pipes berada di tengahnya. Sementara jika pipe racks terdiri dari dua tingkat, utility pipe terletak di tingkat atas. Jenis ini membawa uap, air pendingin, bahan bakar minyak, dan air pemadam. Dapat berubah tergantung pada industrinya. 

Process Pipes

Tipe kedua adalah process pipes yang membawa jenis fluida untuk reaksi kimia itu sendiri. Letaknya di luar utility pipes, atau bisa di bagian bawah, jika terlalu berat.

Komponen yang Ada pada Pipe Racks

Memahami komponen pipe racks sangat penting untuk merancang, membangun, dan memelihara infrastruktur perpipaan yang efektif. Komponen sistem rak pipa biasanya meliputi:

Main Beam (Balok) atau Girder

Elemen struktur horizontal ini membentuk kerangka sebagai pendukung utama pipe racks dan membawa beban dari pipa dan peralatan lain yang dipasang.

Cross Bracing

Komponen penyangga ini dipasang secara diagonal, yang membantu main beam memberikan stabilitas lateral dan menahan gaya horizontal seperti beban angin atau gempa.

Vertical Supports and Columns

Untuk komponen yang satu ini dipasang tegak menopang main beam, bertujuan untuk memindahkan beban ke pondasi. 

Pipe Support

Terdiri dari rangkaian perangkat yang dipasang pada main beam atau elemen struktur lainnya untuk menahan dan mengamankan pipa pada tempatnya. Contohnya termasuk braket dan klem pipa.

Platform dan Tangga Akses

Kedua komponen ini menyediakan akses yang aman bagi personel untuk memeriksa, memelihara, atau memperbaiki pipa dan peralatan lain yang dipasang di pipe racks. Platform dapat diintegrasikan ke dalam struktur atau dipasang sebagai komponen terpisah.

Cable Tray

Perangkat tambahan ini dipasang pada pipe racks untuk menopang dan melindungi kabel listrik, pipa instrumen, atau alat-alat lain yang terkait dengan sistem perpipaan.

Sistem Proteksi Kebakaran

Peralatan pencegah kebakaran seperti sistem sprinkler atau pelapis tahan api dipasang pada struktur untuk meningkatkan keselamatan dan menjaga kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.

Dari penjabaran di atas, bisa kita simpulkan bahwa, tidak hanya pipe support, tetapi pipe racks juga merupakan struktur yang sangat penting dalam menyokong sistem perpipaan di berbagai industri. Dengan menyediakan kerangka yang kokoh dan terorganisir, pipe racks membantu menjaga keamanan, efisiensi, dan kinerja sistem perpipaan di fasilitas-fasilitas tersebut. 

Oleh karena itu, untuk memastikan operasi yang lancar dan aman, penting bagi para profesional terlibat dalam industri untuk memahami komponen-komponen dan fungsi pipe rack dengan baik agar dapat merencanakan, membangun, dan merawat sistem perpipaan dengan lebih efektif, sehingga mendukung kelancaran proses produksi dan menjaga keselamatan pekerja.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?