2022-12-30

Tertinggi 3 Tahun Terakhir, Harga Minyak Dunia Naik

Daftar isi

Tutup

Harga Kembali Naik

Harga minyak dunia kembali naik, dalam 3 tahun terakhir ini merupakan puncak tertingginya pada akhir perdagangan pekan kemarin. Kenaikan harga minyak dipengarui oleh gangguan produksi global yang mau tak mau perusahaan-perusahaan minyak kembali menarik sejumlah besar pasokan minyak mereka.

Untuk harga minyak mentah berjangka Brent pengiriman November naik jadi 1,1% menjadi US$78,09/barel. Kemudian untuk minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik menjadi 0,9% menjadi US$73,98/barel.

Engineer Pipa dan Valve

Tertinggi Dalam 3 Tahun Terakhir

Harga minyak Brent tersebut mencatatkan level tertingginya sejak bulan Oktober tahun 2018 lalu, sedangkan WTI AS menyentuh level tertinggi setelah Juli 2021. Kenaikan harga minyak dunia disebabkan gangguan produksi Pantai Teluk AS karena hantaman Badai Ida akhir Agustus kemarin.

Akan tetapi, pengaruh kenaikan stabil harga minyak ini juga karena tertahan oleh penjualan publik pertama cadangan minyak mentah di negara China.

Distributor Jual Valve Jakarta Terbaik

Analisis Pasar

Analis Pasar Minyak mengatakan tren kenaikan harga minyak masih terus akan terjadi. Karena biasanya pasar menilai dampak gangguan pasokan akan berkepanjangan dan kemungkinan penarikan pasokan.

Baca Juga : Harga Minyak Meningkat Karena Permintaan Tinggi

Sejumlah gangguan tersebut memang bisa berlangsung berbulan-bulan dan mengakibatkan penarikan tajam pasokan minyak mentah AS dan global. Penyulingan minyak di AS pun diburu untuk menggantikan minyak mentah Teluk (Meksiko) AS, dengan mengalihkan minyak ke Irak dan Kanada.

Di sisi lain, impor minyak mentah India naik ke level tertingginya pada Agustus lalu, rebound dari tingkatan terendahnya pada bulan Juli.

Komunitas negara penghasil minyak (OPEC+) pun berusaha untuk meningkatkan produksi minyaknya. Salah satunya, Rusia, percaya diri akan tetap menjadi pemasok yang handal ke pasar global.

Analis Pasar pesimistis pasokan minyak mentah extra dari Iran akan dapat terwujud. Hal ini karena negosiasi sanksi kesepakatan Nuklir Iran akan jadi proses yang berlarut-larut.

Sementara itu, produsen minyak terbesar di Kazakhstan, Tengizchevroil (TCO) yang dipimpin oleh Chevron, akan menunda komponen proyek ekspansi sebesar US$45,2 miliar selama 3-7 bulan ke depan.

Analis juga memprediksi harga minyak Brent dapat menyentuh US$80 pada akhir September ini dikarenakan penarikan stok. Salah satunya juga produksi OPEC yang lebih rendah dan permintaan Timur Tengah yang mulai kuat.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menelusuri Lokasi-Lokasi Tambang Batubara di Indonesia

Batubara adalah sumber daya alam yang penting untuk menghasilkan energi, terutama dalam pembangkit listrik dan industri, dalam negeri maupun untuk ekspor. Selain itu, batubara juga digunakan dalam industri, seperti produksi baja dan semen. Akhir tahun 2023 lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru saja meresmikan kegiatan produksi tambang yang merupakan tambang batubara bawah tanah pertama di Indonesia.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menggali Lebih Dalam tentang Jenis-jenis Metode Pertambangan

Proses penambangan tidak sederhana. Ada banyak metode yang digunakan untuk mengekstraksi mineral dari bumi, masing-masing memiliki karakteristik dan teknik tersendiri. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Perbandingan Teknologi Pembangkit Listrik Geothermal: Flash Steam, Binary Cycle, dan Dry Steam

Menjelajah informasi tentang energi geothermal yang menawarkan potensi besar sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan dan dapat membantu dalam diversifikasi sumber energi serta mitigasi perubahan iklim. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menggali Potensi Energi Geothermal Menuju Masa Depan Berkelanjutan

Energi geothermal merupakan potensi besar yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Sumber daya alam satu ini melimpah, tetapi dibiarkan terkubur di dalam kerak bumi tanpa cukup dijelajahi. Padahal, potensi panas bumi sebagai sumber energi yang bersih, terbarukan, dan tidak terbatas sangatlah besar. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Potensi Energi dari Sumber-sumber Alternatif

Energi alternatif menawarkan peluang untuk mengubah paradigma energi kita dari yang berbasis bahan bakar fosil menjadi sumber daya yang bersih, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengulik Proses Instrumentasi dalam Sistem Perpipaan

Menjelajahi peran penting instrumen-instrumen tersebut dalam menjaga keamanan, efisiensi, dan keandalan sistem perpipaan