2024-02-12

Block Flow Diagram (BFD): Pemahaman, Manfaat, dan Implementasi

Daftar isi

Tutup

Bayangkan peta sederhana yang menunjukkan bagaimana berbagai bagian dari suatu proses kimia saling berhubungan satu sama lain. Pasti sangat memudahkan, bukan? Untuk membantu kita memahami struktur dasar suatu sistem secara sederhana dari proses kimia kita sering menggunakan metode yang disebut "Block Flow Diagram" (BFD).

Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang apa itu Block Flow Diagram, mengapa digunakan, dan bagaimana alat ini membantu engineer kimia dan profesional dalam merancang dan memahami proses industri kimia dengan lebih baik. Mari kita eksplorasi bersama konsep dasar BFD dalam ulasan berikut.

Apa itu Block Flow Diagram?

Berbeda dengan PFD, BFD memvisualisasikan bagian-bagian utama suatu sistem dengan bantuan blok-blok yang dihubungkan dengan garis. Bisa dibilang, BFD adalah bagian dari PFD, sama seperti P&ID. BFD biasanya memberikan gambaran umum tanpa memperinci setiap aspek operasional, dan ini berguna dalam tahap awal perancangan untuk memberikan pemahaman visual tentang hubungan antar bagian utama dalam suatu proses atau sistem.

Block Flow Diagram dalam Industri Kimia

Pada tahun 2003, Peters & Timmerhaus mengusulkan sebuah metode BFD yang bertujuan untuk menyederhanakan serta menjelaskan struktur dasar suatu sistem, dan berfungsi sebagai representasi ilustratif dari proses kimia. Pada kasus yang rumit, metode BFD terbukti bermanfaat karena dapat memecah sistem yang kompleks, menjadi tahapan atau sektor yang lebih mudah dikelola.

Diagram ini dapat diterapkan dalam menjelaskan keseluruhan aliran material di pabrik-pabrik. Representasi inilah yang kemudian digeneralisasikan ke sektor atau tahapan pabrik tertentu. Dokumen-dokumen yang ada berperan penting dalam memperkenalkan para petugas pada produk dan zona operasional penting dalam fasilitas kimia, menawarkan representasi struktur dasar suatu sistem yang disederhanakan dan dapat dipahami.

Simbol-simbol yang Ada pada Block Flow Diagram

Simbol BFD dapat bervariasi, tergantung pada industri atau aplikasi spesifik. Namun, untuk industri kimia, beberapa simbol umum yang mungkin ditemukan dalam BFD melibatkan bentuk-bentuk dasar seperti persegi panjang untuk menggambarkan blok unit, panah atau garis untuk menunjukkan aliran proses, dan lingkaran untuk menjelaskan titik kendali atau titik pengukuran. Aliran proses dapat berupa campuran cairan, gas, dan padatan yang mengalir dalam pipa atau saluran, atau padatan yang dibawa pada conveyor belt. Berikut contohnya:

Tips dalam Membuat Block Flow Diagram yang Tepat

Untuk membuat BFD yang jelas, mudah dipahami, dan tidak ambigu, sejumlah aturan harus diikuti. Antara lain:

  • Unit operasi yang biasa dilambangkan dengan blok sederhana atau persegi panjang seperti mixer, separator, reaktor, kolom distilasi, dan heat exchanger.
  • Aliran proses yang mengalir masuk dan keluar digambarkan oleh garis lurus atau panah yang ditarik dengan rapi berbentuk horizontal atau vertikal, dengan belokan pada sudut 90 derajat.
  • Jika garis-garis tersebut berpotongan maka garis horizontalnya bersambung, sedangkan garis vertikal putus-putus.
  • Aliran juga sebaiknya diberi nomor secara berurutan dalam urutan yang logis, dan operasi unit (blok) diberi label.
  • Diagram harus disusun sedemikian rupa sehingga material proses mengalir dari kiri ke kanan, dengan unit hulu di kiri dan unit hilir di kanan.
  • Aliran yang lebih ringan (gas) biasanya diposisikan lebih dekat ke bagian atas BFD dibandingkan aliran yang lebih berat (cairan atau padatan).
  • Informasi penting yang unik mengenai proses, seperti potensi munculnya reaksi kimia harus diberikan.

Bagaimana, BFD jauh lebih sederhana dibanding P&FD, ‘kan? BFD sangat berfungsi sebagai metode mendasar dalam menyederhanakan pemahaman proses kimia. Fleksibilitas, kesederhanaan, namun menyajikan informasi yang jelas menjadikannya sangat berguna dalam tahap awal perencanaan dan mengkomunikasikan esensi sistem industri kimia yang kompleks.

Penulis

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?