Jenis-Jenis Percabangan Pipa Menggunakan Olet Fitting

03 Mei 2019

Olet merupakan salah satu dari fitting pipa yang berfungsi sebagai cabang keluaran dari pipa besar ke pipa kecil atau diameter yang sama dengan fungsi penguatan atau penambahan pressure gauge.

Kami sudah pernah membahas tentang Fitting Pipa disini, seperti Tee yang fungsinya membagi aliran, olet ini juga seperti itu. Jenis olet ini masuk ke dalam area stub-in, apa itu stub-in? Simak penjelasannya dibawah.

Percabangan Stub-in Fitting

fitting pipa teeStub-in yaitu percabangan yang langsung dari pipa utama. Kalau Tee percabangannya menggunakan komponen fitting. Pada stub-in, percabangannya dari pipa utama. Lalu bagaimana prosesnya? Prosesnya bisa dengan di las / bor langsung ke pipa utama tersebut. 

Stub-in fitting adalah alternatif pilihan dari reducing tee, maksudnya jenis tee yang diameter percabangannya lebih kecil dari pipa utamanya. Tapi penggunaan stub-in harus sesuai speks dari klien, melalui perhitungan yang matang dan dinyatakan dalam PMC (piping material class).

Sering kali temperatur fluida yang mengalir dalam pipa cukup tinggi, jadi penggunaan stub-in saja tidak cukup maka diperlukan penguat berupa pad, saddle ataupun olet.

Tipe dan Klasifikasi Olet

Ada beberapa istilah olet seperti threadolet, latrolet, sockolet dan lain sebagainya. Agar mudah untuk memahami jenis fitting ini, akan dibahas satu persatu agar lebih mudah dipahami. 

Weldolet, Jenis Olet yang menggunakan Welding

weldolet

Weldolet merupakan jenis dari olet yang digunakan dalam sudut 90 derajat, bentuk dan fungsinya mirip dengan Tee. Weldolet, jenis percabangan yang sering digunakan, biasanya disambung dengan cara welding (pengelasan), makanya agar mudah diingat kata "welding" dengan "olet" digabungkan menjadi weldolet. 

Penggunaan weldolet biasanya untuk pipa percabangan yang besar dan ukuran brachnya lebih dari 2". 

Pada permukaan weldolet terdapat bevel, yaitu permukaan miring yang digunakan untuk pengelasan. Metode pengelasannya ialah buttweld, yaitu menyambungkan secara sejajar. Jenis dari olet yang di welding seperti :

Elbolet

elbolet

Elbolet, jenis olet yang dipasang pada elbow, elbolet juga berfungsi sebagai reducer yang di pasangkan pada long radius elbow atau short radius elbow. Elbolet biasanya digunakan untuk thermowll dan perlengkapan instument lainya.

Latrolet

latrolet

Olet pengganti lateral tee. Jika Anda mengenal istilah lateral tee, dimana tee tidak tegak lurus atau memiliki sudut 45 derajat. Maka latrolet lah sebagai penggantinya. Latrolet, jenis olet yang digunakan pada 45 derajat arah lateralnya, berfungsi juga sebagai reducer brance karena pipa sambungannya punya diameter lebih kecil dari pipe headernya. 

Sockolet

sockolet

Olet dengan sambungan Socket. Ada 3 jenis olet yang masuk dalam 1 kategori Tee, yaitu weldolet, sockolet, dan threadolet. Yang perlu diingat untuk membedakan ketiganya adalah jenis sambungan pada branchnya.

Weldolet menggunakan welding, tepatnya buttweld, sedangkan sockolet menggunakan tipe sambungan socket weld, dan threadolet tipe sambungan Threaded atau ulir. 

Sockolet sendiri merupakan jenis olet yang biasa digunakan pada 90 derajat dengan socket weld untuk sambungan branchnya. Diameter bor dari sockolet ini akan lebih besar dari pada OD pipa yang akan di pasangkan, sehingga pipa dapat masuk ke dalamnya yang kemudian di fillet weld. 

Threadolet

threadolet

Olet dengan sambungan Threaded. Seperti saya sebutkan diatas tentang treadolet ini, sambungan olet yang menggunakan jenis sambungan threaded alias ulir pada brachnya. Berbeda dengan lainnya, pada threadolet ini sambungan branch nya maksimal 4".

Nipolet

nipolet

Olet dengan tambahan nipple. Nipolet, jenis fitting olet yang menyingkirkan penggunaan nipple dan coupling dalam satu item ini. Nipple adalah satu potongan pipa pendek, ukuran berkisar 100mm, ini pure pipa. 

Kapan nipple digunakan? biasanya digunakan untuk drain atau vent, yang komponen ini digabungkan bersamaan dengan valve untuk fungsi tersebut. Sama halnya dengan nipolet, dapat digunakan untuk vent dan drain. 

Sweepolet

sweepolet

Olet dengan saddle. Sweepole, jenis olet yang dilengkapi dengan bagian yang serupa dengan saddle. Jenis olet ini digunakan terutama untuk high-yield pipe dalam pipa transmisi untuk minyak dan gas. Hal ini berguna agar alirannya bagus dan optimal dalam sirkulasi diantara pipa. 

Lalu Kenapa Menggunakan Olet?

Terutama untuk jenis Weldolet, apa faktor yang menguntungkan penggunaan weldolet ini
1. Weldolet fitting harga lebih murah 50%-90% daripada welding tee
2. Weldolet lebih fleksibel, maksudnya hanya menginstall run pipenya terlebih dahulu, kemudian tinggal di pasangkan olet lalu di welding.
3. Weldolet membuat pipa memiliki kekuatan penuh sesuai dengan ASME B16.9 and spesifikasi ASME lainya untuk pressure piping
4. Weldolet menghasikan full fluid flow
5. Weldolet digunakan saat standar Tee tidak mengkover ukuran (reducing) branch yang diinginkan.

Maka dari itu untuk memesan Fitting Pipa Olet anda bisa langsung saja di website www.alvindocs.com yang memang sudah terkenal menjadi distributor supplier fitting pipa online terbaik harga kompetitif. Bisa juga hubungi kami via call center atau chat WhatsApp yang tertera pada footer website.

Berita Terkait

Pahami Perbedaan Stud Bolt dengan Machine Bolt
Stud bolt dan Machine bolt mempunyai fungsi yang berbeda pada sebuah sistem pemipaan. Meskipun sama-sama baut (bolt), tapi kegunaannya punya karakteristrik yang berbeda. Baut sendiri merupakan jenis d ...
20 Agustus 2019
Tabel Nominal Ukuran Pipa dan Schedule Pipa
Tabel Nominal Pipe Size dan Pipe Schedule - Nominal pipe size (NPS) merupakan cara atau metode untuk memberi nama pipa berdasarkan ukuran pada diameternya, ingat ya diameter nominal pipanya, bukan dia ...
13 Agustus 2019