Jenis Check Valve dan Cara Kerjanya

28 Mei 2019

Valve merupakan perangkat seperti katup yang terpasang pada sistem perpipaan dan memiliki fungsi untuk mengatur, mengontrol, dan mengarahkan laju aliran fluida agar tekanan yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan dengan cara membuka, menutup, atau mengalirkan. 

Setelah mengetahui arti valve, maka ketahui juga arti check valve yang merupakan valve yang digunakan untuk mengatur fluida baik itu berbentuk cair atau gas yang hanya mengalir ke satu arah dan mencegah adanya aliran ke arah sebaliknya atau back flow yang biasanya digunakan sebagai pengaman pada sistem perpipaan. 

Check valve ini tidak menggunakan handel untuk mengatur aliran tapi hanya mengandalkan gravitasi dan tekanan dari fluida itu sendiri. Untuk Anda yang belum tahu, terdapat beberapa jenis check valve dan cara kerjanya pun berbeda-beda.

Baca juga : Perbedaan dari Valve Ball, Valve Globe dan Valve Gate

 

Jenis Check Valve dan Cara Kerjanya

 

Setelah mengetahui arti valve dan check valve, berikut beberapa jenis check valve dan cara kerjanya :

1. Lift Check Valve

Jenis valve yang satu ini terlihat mirip dengan globe valve tapi berbeda pada putarannya. Jika globe valve memiliki putaran yang bisa diubah atau dimanipulasi maka lift check valve tidak bisa melakukan hal tersebut. Jenis ini memiliki sisi inlet dan outlet yang dipisah oleh sebuah plug berbentuk kerucut. Plug tersebut terletak pada sebuah dudukan dan materialnya terbuat dari logam. 

Lift check valve biasanya digunakan pada proses pengaliran fluida gas. Selain itu jenis valve ini juga digunakan untuk mencegah adanya aliran balik condensat ke steam trap agar turbin uap berjalan dengan baik tanpa gangguan apapun yang bisa saja membuat turbin uap mengalami korosi. 

Jenis valve ini hanya cocok digunakan untuk pipa horizontal ukuran besar. Karena memiliki jenis yang sederhana, lift check valve ini perawatannya tidak merepotkan.

2. Swing Check Valve

Swing check valve memiliki ukuran yang sama dengan diameter pipa dan biasanya dirancang menggantung di bagian atas. Cara kerja valve jenis ini adalah ketika terjadi aliran maju maka disk akan terbuka dan akan tertutup jika terjadi aliran balik. 

Swing check valve kurang cocok jika digunakan pada aliran rendah karena adanya hambatan dari penampang dan swing check valve ini bisa saja terjadi kebocoran aliran fluida. Check valve ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah biaya perawatan yang murah. Selain itu, jenis ini juga kehilangan tekanannya sangat rendah.

Baca juga : Jenis-Jenis Valve Pipa dan Fungsinya

3. Backwater Check Valve

Jenis check valve yang selanjutnya adalah backwater check valve. Jenis ini biasanya digunakan untuk sistem pembuangan air bawah tanah atau kadang digunakan juga di kamar mandi. 

Backwater check valve berfungsi untuk mencegah adanya aliran balik air pada saluran pembuangan saat  banjir. Ketika banjir tekanan pada valve akan tinggi dan bisa menimbulkan aliran balik, oleh karena itu penggunaan backwater check valve sangat dibutuhkan.

4. Swing Type Disk Check Valve

Swing type disk check valve merupakan valve yang biasanya hanya digunakan pada pipa dengan diameter besar, sekitar DB80 ke atas. Cara kerja valve jenis ini sama dengan jenis yang lain dan jika ingin menggunakan pipa dengan diameter kecil, lebih baik menggunakan disk check valve. Penggunaan disk check valve diutamakan pada pipa yang salah satu ujungnya berbentuk kerucut.

Itulah sedikit ulasan tentang jenis check valve dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Perbedaan Penggunaan Eccentric dan Concentric Reducer
Apa itu reducer? Reducer adalah salah satu komponen fitting pipa dari sistem pemipaan. Reducer memiliki fungsi untuk mengubah ukuran dari pipa. Sehingga, terminologi reducer digunakan ketika ukuran pi ...
20 Juni 2019
Jenis-Jenis Sambungan pada Pipa
Di sebuah industri, penggunaan pipa tentulah hal yang biasa. Berbagai macam tipe dan jenis pipa digunakan untuk mengalirkan fluida dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Untuk melancarkan proses a ...
18 Juni 2019